Red : Yunnan Diantama
Media Sosial atau biasa
kita kenal dengan sebutan medsos sudah bukan menjadi hal yang asing bagi
sebagian masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang
tua. Dengan segala perkembangan yang cukup pesat, media sosial sudah menjadi
makanan sehari-hari bagi beberapa kalangan di masyarakat.
Seperti yang kita tahu
bahwa Media Sosial adalah sarana bagi kita untuk mendapatkan sebuah informasi
tanpa mengenal ruang dan waktu, media sosial juga berperan penting dalam
kehidupan kita sehari-hari dengan segala kemudahan yang diberikan untuk
menunjang dan memudahkan kegiatan kita setiap hari. Kita dapat mengakses
internet untuk banyak hal seperti membantu kita dalam belajar, memudahkan kita
untuk bersosialisasi, memberi kita informasi terkait dengan apa yang sedang
ramai diperbincangkan oleh banyak orang.
Hal tersebut sangat erat
dengan fungsi marketing pada sebuah perusahaan dimana teknik marketing yang
dilakukan juga harus mengetahui target pasarnya, agar memudahkan dalam
menyampaikan nilai-nilai perusahaan yang berguna pada pasar. Media sosial juga dapat
menjadi landasan untuk mengambil sebuah keputusan dengan dasar yang jelas yang
kita kenal dengan sebutan Data.
Data adalah kumpulan fakta
dari sumber yang terpercaya. Data dapat kita peroleh tidak hanya dari kumpulan
riset atau kumpulan data ilmiah. Dengan adanya teknologi yang berkembang di
masyarakat, kita dapat mengakses dan mendapatkan data dengan mudah.
Pemanfaatan data melalu
sosial media di Indonesia bisa dikategorikan valid mengingat Indonesia adalah
salah satu negara dengan pengguna sosial media terbesar di dunia. Kita dapat
menganalisis target pasar anda dengan biaya yang bisa dibilang rendah sebagai
landasan perusahaan dalam mengambil keputusan.
Hal-hal seperti masukan,
kritik, saran, dan opini tentang perusahaan menjadi lebih mudah dilihat dengan
adanya kemudahan teknologi salah satunya media sosial. Dengan mengetahui
hal-hal tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap
kualitas barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
Selain yang
disebutkan diatas, masih banyak sekali cara yang dapat diterapkan untuk mendapatkan
data yang konkret, yang dapat membantu kita dalam mengambil keputusan
berdasarkan data, bukan hanya dengan asumsi semata.
Dengan beberapa gambaran
yang sudah diberikan, kami berharap agar anda memiliki pemikiran bagaimana
media sosial bisa menjadi sumber data yang relevan dalam menentukan strategi
marketing perusahaan kedepannya.
- -
Christabell Gladys Widowati
C1H020017
Manajemen Internasional
Management Information System - MIDTERM
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jendral Soedirman
Komentar